STRATEGI PELAKSANAAN
ASUHAN KEPERAWATAN (SP)
A.
Risiko Perilaku Kekerasan.
SP I PK |
Mengidentifikasi penyebab PK
|
Mengidentifikasi tanda dan gejala PK
|
Mengidentifikasi PK yang dilakukan
|
Mengidentifikasi akibat PK
|
Menyebutkan cara mengontrol PK
|
Membantu pasien mempraktekkan latihan cara mengontrol fisik I
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam kegiatan harian
|
|
SP II PK
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Melatih pasien mengontrol PK
dengan cara fisik II
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP III PK
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Melatih pasien mengontrol PK dengan cara verbal
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP IV PK
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Melatih pasien mengontrol PK dengan cara spiritual
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP V PK
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Menjelaskan cara mengontrol PK
dengan minum obat
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
Keluarga Klien PK
|
SP I k
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
Menjelaskan pengertian PK, tanda dan gejala, serta proses terjadinya PK
|
Menjelaskan cara merawat pasien dengan PK
|
|
SP II k
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan PK
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien PK
|
|
SP III k
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
B. Halusinasi
SP I Halusinasi
|
Mengidentifikasi jenis halusinasi
pasien
|
Mengidentifikasi isi halusinasi pasien
|
Mengidentifikasi waktu halusinasi pasien
|
Mengidentifikasi frekuensi halusinasi pasien
|
Mengidentifikasi situasi yang menimbulkan halusinasi
|
Mengidentifikasi respons pasien
terhadap halusinasi
|
Mengajarkan pasien menghardik halusinasi
|
Menganjurkan pasien memasukkan cara menghardik halusinasi dalam jadwal
kegiatan harian
|
|
SP II p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Melatih pasien mengendalikan halusinasi dengan cara bercakap-cakap dengan
orang lain
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP III p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Melatih pasien mengendalikan halusinasi dengan melakukan kegiatan
(kegiatan yang biasa dilakukan pasien di rumah)
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP IV p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Memberikan pendidikan kesehatan tentang penggunaan obat secara teratur
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
Keluarga Klien Halusinasi
|
SP I k
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala halusinasi, dan jenis halusinasi
yang dialami pasien beserta proses terjadinya
|
Menjelaskan cara-cara merawat pasien halusinasi
|
|
SP II k
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan Halusinasi
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien Halusinasi
|
|
SP III k
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
C. Waham
SP I p
|
Membantu orientasi realita
|
Mendiskusikan kebutuhan yang tidak terpenuhi
|
Membantu pasien memenuhi kebutuhannya
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP II p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Berdiskusi tentang kemampuan yang dimiliki
|
Melatih kemampuan yang dimiliki
|
|
SP III p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Memberikan pendidikan kesehatan tentang penggunaan obat secara teratur
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
Keluarga
|
SP I k
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala waham, dan jenis waham yang
dialami pasien beserta proses terjadinya
|
Menjelaskan cara-cara merawat pasien waham
|
|
SP II k
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan waham
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien waham
|
|
SP III k
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
D. Isolasi Sosial : Menarik
Diri (MD)
SP I p
|
Mengidentifikasi penyebab isolasi sosial
pasien
|
Berdiskusi dengan pasien tentang keuntungan berinteraksi dengan orang
lain
|
Berdiskusi dengan pasien tentang
kerugian tidak berinteraksi dengan orang lain
|
Mengajarkan pasien cara berkenalan dengan satu orang
|
Menganjurkan pasien memasukkan kegiatan
latihan berbincang-bincang dengan orang lain dalam kegiatan harian
|
|
SP II p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Memberikan kesempatan kepada pasien mempraktekkan cara berkenalan dengan
satu orang
|
Membantu pasien memasukkan kegiatan berbincang-bincang dengan orang lain
sebagai salah satu kegiatan harian
|
|
SP III p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Memberikan kesempatan kepada
berkenalan dengan dua orang atau lebih
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
Keluarga
|
SP I k
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala isolasi sosial yang dialami
pasien beserta proses terjadinya
|
Menjelaskan cara-cara merawat pasien isolasi sosial
|
|
SP II k
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan isolasi sosial
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien isolasi
sosial
|
|
SP III
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
E. Gg Konsep diri : HDR
SP I p
|
Mengidenfikasi kemampuan dan aspek positif yang
dimiliki pasien
|
Membantu pasien menilai kemampuan pasien yang
masih dapat digunakan
|
Membantu pasien memilih kegiatan yang akan
dilatih sesuai dengan kemampuan pasien
|
Melatih pasien sesuai kemampuan yang dipilih
|
Memberikan pujian yang wajar terhadap
keberhasilan pasien
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP II p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Melatih kemampuan kedua
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
Keluarga
|
SP I k
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala harga diri rendah yang dialami
pasien beserta proses terjadinya
|
|
Menjelaskan cara-cara merawat pasien harga diri rendah
|
SP II k
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan harga diri
rendah
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien harga diri
rendah
|
|
SP III k
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
F. Defisit Perawatan Diri
(DPD)
SP I p
|
Menjelaskan pentingnya kebersihan diri
|
Menjelaskan cara menjaga kebersihan diri
|
Membantu pasien mempraktekkan cara menjaga kebersihan diri
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP Iip
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Menjelaskan cara makan yang baik
|
Membantu pasien mempraktekkan cara makan yang baik
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP III p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Menjelaskan cara eliminasi yang baik
|
Membantu pasien mempraktekkan cara eliminasi yang baik dan memasukkan
dalam jadual
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
|
SP IV p
|
Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
|
Menjelaskan cara berdandan
|
Membantu pasien mempraktekkan cara berdandan
|
Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
|
Keluarga
|
SP I k
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala defisit perawatan diri, dan
jenis defisit perawatan diri yang dialami pasien beserta proses terjadinya
|
Menjelaskan cara-cara merawat pasien defisit perawatan diri
|
|
SP II k
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan defisit
perawatan diri
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien defisit
perawatan diri
|
|
SP III k
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
G. Resiko Bunuh Diri
SP I p
|
|
Mengidentifikasi benda-benda yang dapat membahayakan pasien
|
|
Mengamankan benda-benda yang dapat membahayakan pasien
|
|
Melakukan kontrak treatment
|
|
Mengajarkan cara mengendalikan dorongan bunuh diri
|
|
Melatih cara mengendalikan dorongan bunuh diri
|
|
|
|
SP II p
|
|
Mengidentifikasi aspek positif pasien
|
|
Mendorong pasien untuk berfikir positif terhadap diri
|
|
Mendorong pasien untuk menhargai diri sebagai individu yang berharga
|
|
|
|
SP III p
|
|
Mengidentifikasi pola koping yang biasa diterapkan pasien
|
|
Menilai pola koping yang biasa dilakukan
|
|
Mengidentifikasi pola koping yang konstruktif
|
|
Mendorong pasien memilih pola koping yang konstruktif
|
|
Menganjurkan pasien menerapkan pola koping konstruktif dalam kegiatan
harian
|
|
|
|
SP IV p |
|
Membuat rencana masa depan yang realistis bersama pasien
|
|
Mengidentifikasi cara mencapai rencana masa depan yang realistis
|
|
Memberi dorongan pasien melakukan kegiatan dalam rangka meraih masa depan
yang realistis
|
|
|
|
Keluarga
|
|
SP I k
|
|
Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
|
|
Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala risiko bunuh diri, dan jenis
perilaku bunuh diri yang dialami pasien beserta proses terjadinya
|
|
Menjelaskan cara-cara merawat pasien risiko bunuh diri
|
|
|
|
SP II k
|
|
Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan risiko bunuh
diri
|
|
Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien risko
bunuh diri
|
|
|
|
SP III k
|
|
Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum
obat (discharge planning)
|
|
Menjelaskan follow up pasien
setelah pulang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar